P2P Lending Indonesia, Investasi Sekaligus Berkontribusi untuk Ekonomi Nasional

Investasi Adalah

Secara umum, investasi adalah penanaman dana atau asset yang dilakukan perorangan atau perusahaan untuk jangka waktu tertentu untuk mendapatkan imbal balik lebih besar di masa mendatang. Bagi yang sudah terlibat di dunia penanaman modal, investasi pasti sudah bukan menjadi hal yang asing lagi. Penjelasan selengkapnya akan dijabarkan di bawah ini.

Pengertian dan Jenis-jenis Investasi

Investasi bisa diartikan sebagai cara dalam mengembangkan dana yang kamu miliki. Secara sederhanya, kamu ingi mendapatkan dana lebih dari keuntungan investasi untuk mencapai tujuan tertentu. Beberapa contoh investasi adalah saham dan surat berharga lainnya.

Jenis-jenis investasi sendiri sangat beragam seperti investasi deposito, cryptocurrency, syariah, obligasi, valuta asing, reksa dana, saham, emas, dan property.

Tips dan Panduan Berinvestasi

Untuk mulai melakukan investasi, kamu tidak boleh tergesa-gesa. Selain itu, Tindakan spekulatif juga sangat tidak dianjurkan. Penting bagi kamu untuk mempertimbangkan jangka waktu investasi dan mengetahui modal yang harus kamu siapkan. Satu lagi, kamu harus paham akan resikonya. Jadi, pilihlah jenis investasiyang benar-benar cocok untukmu.

Dalam berinvestasi, kamu harus punya tujuan yang jelas karena tujuan akan mempengaruhi invetasi yang sebaiknya diambil. Selain itu, kamu juga harus bisa menilai banyaknya modal yang bisa kamu siapkan. Tak perlu khawatir, saat ini ada banyak sekali jenis investasi yang bisa dimulai dari 100 ribu rupiah saja, bahkan kurang.

Karena investasi berhubungan dengan perputaran uang, pasti akan berkaitan dengan faktor untung-rugi. Jadi, dalam menyiapkan modal, kamu harus benar-benar memperhitungkannya secara matang. Terakhir, imbal balik investasi & resiko pasti selalu beriringan. Semakin tinggi imbal baliknya, semakin tinggi pula resikonya.

Manfaat Investasi

Seperti kita tahu, inflasi terjadi dari tahun ke tahun menyebabkan nilai mata uang terus merosot. Investasi bisa menjadi solusi untuk melawan inflasi karena memiliki return yang lebih tinggi dibanding presentase inflasi. Investasi juga menambah sumber pemasukan meski tidak bisa diambil tiap bulan. Pasalnya, tiap investasi punya jangka waktu masing-masing untuk mendapatkan return-nya. Investasi juga sangat membantu untuk mencapai tujuan finansial. Kamu bisa berinvestasi untuk merencanakan membangun rumah, membeli kendaraan, dll.

Resiko Investasi

Tiap instrument investasi pasti punya resiko dan resiko selalu berjalan beriringan dengan return. Istilah yang popular dalam investasi adalah ‘high risk, high reward’. Artinya, semakin tinggi potensi keuntungannya, semakin tinggi pula resikonya. Sebaliknya, semakin renda potensi keuntungannya, semakin rendah pula resikonya.

Deposito adalah salah satu instrument investasi yang bisa didefinisikan sebagai low risk, low return. Pasalnya, dana yang diinvestasikan untuk deposito dijamin oleh LPS. Sayangnya, return yang ditawarkan tergolong kecil.

Di sisi lain, saham tergolong punya potensi keuntungan besar, namun resikonya juga tinggi. Cryptocurrency yang belakangan marak juga termasuk high risk, high return. Jadi, kamu harus benar-benar memahami instrument investasi yang ingin kamu pilih sebelum memulainya.

Pengertian DIversifikasi

Untuk mendapatkan hasil yang diharapkan, ada beberapa strategi dalam menanam modal. Salah satunyaadalah sistem diversifikasi, yaitu menyebar modal ke beberapa jenis investasi. Diversifikasi juga dapat diterapkan ke 1 jenis investasi.

Saat yang Tepat & Jangka Waktu

Waktu sangat berpengaruh pada tingkat keuntungan yang diperoleh. Efek bunga berbunga (compounding) membuat keuntungan semakin besar saat kita semakin cepat berinvestasi. Semakin cepat kamu memulai investasi, semakin cepat pula kamu akan ‘memanennya’.

Jangka waktu investasi juga berbeda-beda. Jadi, kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan atau target yang diinginkan. Misalnya, tahun depan kamu akan memasukkan anak ke bangku sekolahan. Jadi, pilihlah investasi yang bisa dijual kembali atau mendapatkan imbal balik tak lebih dari 1 tahun.

Danai UKM & Dapatkan Bunga 10,5% per Tahun

Di era digital ini, kamu bisa memberi pinjaman ke pelaku UKM di Indonesia sekaligus mengembangkan dana dengan bunga hingga 10,5% per tahun. Lewat platform Akselera, kamu bisa menginvestasikan sejumlah uang di P2P Lending Indonesia. Saldo awal untuk bisa memulai investasi ini sangat ringan, cukup dengan Rp 100.000. Keamanannya terjamin karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Diberdayakan oleh Blogger.